Pengadaan Laptop Kemendikbudristek Untuk Merealisasikan Program Digitalisasi Sekolah

Halo Sahabat Hmti !! Kembali lagi dengan info terbaru dari kita yang telah kita sajikan untuk kalian semua , yuk lanjut scroll dan jangan lupa dibaca ya gais cuplikan info dari yang kami sajikan

Pemerintah lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemenbudristek) berencana melakukan program digitalisasi sekolah, di antaranya membagikan laptop merah putih untuk pelajar berjenis Chromebook

Dalam lembar juknis disebutkan spesifikasi laptop yang hendak diberikan kepada sekolah di antaranya menggunakan RAM 4GB DDR4, penyimpanan 32GB, monitor 11 inci dan sistem operasi Chrome OS.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sebelumnya menyebut mengalokasikan dana sebesar Rp2,4 triliun untuk pengadaan 240 ribu laptop untuk sekolah. Jika dibagi, maka didapat harga satu laptop sebesar Rp10 juta. Padahal dengan spesifikasi minimal yang tertera pada juknis, harga satu laptop hanya kurang dari Rp5 juta.

Produsen laptop lokal Advan dan Axioo juga ikut andil ikut dalam proyek pengadaan laptop merah putih yang dibesut pemerintah. Kedua perusahaan mengaku antusias dan mendukung proyek bernilai triliunan rupiah itu.


Laptop merah putih berbeda dengan laptop pelajar Kemendikbudristek. Laptop pelajar yang dianggarkan untuk kebutuhan proses belajar dan mengajar di SD, SMP, SMU dan setingkat yang diharapkan tuntas pada 2024.

Mengacu pada aturan itu, barang yang diadakan bukan hanya laptop, melainkan peralatan TIK, seperti perangkat wireless router, perangkat proyektor, perangkat konektor type C ke HDMI dan VGA, printer, serta scanner, dan layar untuk proyektor. Pengadaan itu disebut menelan anggaran mencapai Rp 17,42 triliun sampai 2024.

Untuk pembahasan lainnya akan menyusul ya, Sahabat HMTI ! Sekian artikel kali ini, Semoga Bermanfaat.

Salam Informatika. Keep Spirit !!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *