Informasi Teknologi : Microsoft Rilis Windows 11, Apa Saja Perubahannya ?

Microsoft secara resmi mengumumkan perilisan produk sistem operasi terbaru mereka, yakni Windows 11 yang menjadi penerus dari OS Windows 10 yang saat ini banyak digunakan.

Digadang-gadang akan memiliki banyak perubahan signifikan, Windows 11 nyatanya memang memberikan “warna” yang lebih fresh dibanding para pendahulunya. Lalu apa saja yang menjadi pembeda yang signifikan itu ?

  1. Tampilan User Interface
Tampilan Explorer
Tampilan Desktop

Dengan taskbar yang sekarang berada ditengah, memberikan kesan yang baru untuk Windows sendiri. Pasalnya dibeberapa versi Windows sebelumnya, taskbar posisinya fixed berada disebelah kiri. Dan sekarang tampaknya Microsoft ingin memberikan User Experience yang berbeda untuk para pengguna sistem operasi Jendela ini. Selain taskbar tadi, ada juga aplikasi Explorer bawaan Windows yang tampil lebih manis dan ciamik. Dengan style ikon yang lebih fresh, disertai dengan perpaduan warna yang cantik memberikan efek visual yang indah dimata.

2. Dukungan Aplikasi Android tanpa Emulator

Salah Satu Aplikasi Mobile Kegemaran Anak Muda

Sejauh ini, cara yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi mobile di laptop/PC adalah menggunakan emulator seperti Genymotion, Bluestack, ataupun menginstall sistem operasi berbasis Android x86 di PC kita.

Namun pada Windows 11 ini, pengguna hanya perlu mencari aplikasi yang diperlukan di Microsoft Store dan mengunduhnya melalui Amazon App Store. Setelah terinstall, aplikasipun bisa digunakan seperti aplikasi biasa pada umumnya.

3. Widget

Tampilan Widget yang Informatif

Selain fitur-fitur major tadi, Microsoft juga memberikan sebuah fungsi sederhana. Yangmana fitur widget ini memberikan informasi yang informatif dan juga berguna untuk penggunanya, tanpa perlu menginstall aplikasi third-party seperti Rainmeter dan sebagainya.

Untuk sampai saat ini Windows 11 hanya tersedia dalam versi Dev Release. Yangmana hanya user tertentu yang dapat merasakan update terbaru ini. Untuk penggunaan sehari-hari disarankan untuk tidak menginstall Windows 11 selain dari rekomendasi update Microsoft itu sendiri, dikarenakan akan ada bug-bug atau problem yang mungkin akan mengganggu produktivitas dalam menggunakan PC/Laptop. Bagi yang penasaran informasi lebih lengkap kapan rilis untuk versi Public Release, bisa melihat livestream dari Microsoft.

Sekian untuk Informasi Teknologi kali ini. Terima Kasih !

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *